You need to enable javaScript to run this app.

MAN 1 Aceh Barat Gelar Comsrat Educate 2

MAN 1 Aceh Barat Gelar Comsrat Educate 2

Peresmian COMSRAT 2 Educate MAN 1 Aceh Barat

Meulaboh (Rahmat Trisnamal) - Sejumlah siswa Madrasah Tsanawiyah di Barat Selatan Aceh mengikuti Comsrat Educate 2020. Kegiatan yang digelar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Barat tersebut dibuka oleh Bupati Aceh Barat, diwakili Staf Ahli Bupati, Drs. M. Yusuf, Jumat 28 Februari 2020.

Kepala MAN 1 Aceh Barat, H. Cut Aswadi, M.Pd. menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 384 siswa Madrasah Tsanawiyah di Barat Selatan Aceh, yaitu siswa Madrasah Tsanawiyah Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Jaya, bahkan diikuti juga oleh siswa Banda Aceh.

"Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, pada 28 Februari - 1 Maret 2020," ungkapnya.

Pada kegiatan Comsrat Educate yang kedua tersebut diperlombakan berbagai perlombaan seni dan ilmu pengetahuan, yaitu lomba Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Olimpiade Sains, Cerdas Cermat, Tahfidz Quran dan Lomba Karya Ilmiah Essay.

Cut Aswadi menambahkan, kegiatan tersebut merupakan ajang menggali bakat, kreativitas dan intelektual para siswa. Siswa yang berprestasi nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung di MAN 1 Aceh Barat dengan tanpa melewati proses seleksi.

"Dua puluh persen dari jumlah peserta, yaitu sebanyak 76 siswa, bisa masuk ke MAN 1 Aceh Barat tanpa tes," ucapnya.

Selain itu, Cut Aswadi menyebutkan, kegiatan tersebut murni dari kerja keras siswa MAN 1 Meulaboh, dalam melakukan persiapan sedemikian rupa untuk menyukseskan kegiatan Comsrat Educate kedua. 

"Kami juga berterima kasih kepada semua sponsor yang telah mendukung kegiatan ini. Semoga menjadi amal ibadah," ucapnya.

Ia menghimbau kepada seluruh juri, untuk berlaku jujur, sportif dan objektif dalam melakukan penilaian untuk menyaring generasi yang berprestasi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H. Khairul Azhar, S.Ag menyampaikan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk pengembangan bakat dan minat para siswa, serta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari.

Selain itu, Khairul mengapresiasi panitia pelaksana Comsrat Educate 2020, yang telah mempersiapkan kegiatan secara matang. Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya meningkatkan silaturahmi, namun juga mengajarkan para siswa untuk berorganisasi dengan baik, serta membentuk karakter dan jati diri siswa.

"Kegiatan ini wadah meningkatkan motivasi dari berbagai hal. Tetap semangat, kami sangat bangga dapat mengikuti kegiatan ini," ucapnya

Ia berharap, kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh MAN 1 Aceh Barat saja, namun juga dilakukan oleh seluruh madrasah secara bergantian. "Dengan kegiatan seperti ini, kita akan mengetahui kemampuan anak tersebut," tambahnya. 

Selain itu, Bupati Aceh Barat, diwakili Staf Ahli Bupati,  M. Yusuf, SE menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya yang sangat positif dalam meningkatkan pengetahuan dan kreativitas.

Ia berharap, peserta dapat mengikuti lomba tersebut dengan baik dan juga memperoleh hasil yang baik, serta dapat menjadikan kegiatan tersebut sebagai pemicu dalam peningkatan motivasi belajar.

"Rajinlah belajar, beribadah, dan hormati guru, serta berpartisipasilah dengan baik," pesannya kepada seluruh peserta.

Kegiatan Comsrat Educate 2020 juga dimeriahkan dengan pameran kreativitas siswa MAN 1 Aceh Barat, mulai dari makanan, minuman, hingga keterampilan tangan lainnya.

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

H. Cut Aswadi, S.Ag, M.Pd.

- Kepala Sekolah -

Dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya ditegaskan, “Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, untuk Indonesia Raya.” Pembangunan jiwa disebut lebih dulu daripada pembangunan…

Berlangganan