• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website MAN 1 ACEH BARAT. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MAN 1 ACEH BARAT

NPSN : 10114232

Jl.Sisingamangaraja Meulabh, Meulaboh Kec.Johan Pahlawan Kab.Aceh Barat


man1acehbarat@gmail.com

TLP : 06557551730


          

Banner

Agenda

29 October 2020
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7

Statistik


Total Hits : 18906
Pengunjung : 6885
Hari ini : 21
Hits hari ini : 62
Member Online : 0
IP : 18.207.102.38
Proxy : -
Browser : Opera Mini

 

SEJARAH SINGKAT MAN 1 ACEH BARAT

Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat didirikantahun 1963 dan masih berstatus Madrasah Swasta, dinegerikan padat ahun 1970 dengan nama Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN) Meulaboh dan dilakukan perubahan pada tahun 1973 menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN)  Meulaboh – I Kabupaten Aceh Barat. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 670 tahun 2016 tanggal 17 November 2016 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Aceh, maka MAN Meulaboh – I berubahmenjadi MAN 1 Aceh Barat. Kepala Madrasah yang pernah memimpin MAN 1 Aceh Barat sampai sekarang adalah sebagai berikut :

No

Nama

MenjabatKepalasejak s/d

1

Tgk H. Said Abbas Hasyim

Tahun 1963 s/d 1969

2

Salihin, P, BA

Tahun 1970 s/d 1991

3

DrsHasanBasry

Tahun 1991 s/d 1999

4

Drs Abdul Kadar Abdullah

Tahun 1999 s/d 2003

5

DrsSabirin

Tahun 2003 s/d 2005

6

DrsHasanBasri

Tahun 2005 s/d 2009

7

DrsRidwan Ali, M.Pd

Tahun 2009 s/d 2011

8

Suhadi, S.Ag

Tahun 2011 s/d 2018

9

H. Cut Aswadi, S.Ag.,M.Pd.

Tahun 2018 s/d Sekarang

 

 MadrasahAliyah Negeri 1 Aceh Baratterletak di KotaMeulaboh Jalan SisingamangarajaDesaDrienRampakKecamatan Johan PahlawanKabupaten Aceh Barat, sebelummusibahgempa dan tsunami tgl. 26 Desember 2004, MadrasahAliyah Negeri 1 Aceh Baratterletak di Jalan Syiah Kuala DesaKuta Padang Kecamatan Johan Pahlawan, bangunan yang dimilikioleh MAN Meulaboh – I telahhancur pada saatmusibahgempa dan tsunami, pada saatitu MAPK Putri yang ada pada Lokasi PGAN Meulabohdikelolaoleh MAN Meulaboh – I Kabupaten Aceh Baratsehingga MAN Meulaboh – I Kabupaten Aceh Baratdirelokasikelokasi PGAN Meulaboh dan MIN DrienRampak,   pada lokasi lama MAN Meulaboh – I Kabupaten Aceh Barat Jalan Syiah Kuala DesaKuta Padang Meulabohsetelah NGO menghibahkanbangunanditempatiolehMTsSHarapanBangsa yang bersebelahandengan MIN MeulabohKabupaten Aceh Barat, pada lokasi MAN 1 Aceh Barat yang sekarang, kebanyakanbangunantuaeks PGAN Meulaboh dan MIN DrienRampakKabupaten Aceh Barat yang telahdimakanusia, demikian juga pagar keliling yang sudahtidaklayaklagi.

Pada umumnya animo masyarakatuntukmenyekolahkanputra – putrinya di MAN Meulaboh – I sangatantusias, khususnyamasyarakat Johan Pahlawan, haliniterlihatdarijumlahsiswalulusan SMP dan MTs yang mendaftarke MAN 1 Aceh Baratbanyak yang tidaktertampungsetiaptahunpelajaran.

Secara strukturalkelembagaan di MadrasahAliyah Negeri 1 Aceh BaratdipimpinolehseorangKepalamadrasah yang saatinidijabatolehH. CutAswadi, S.Ag,M.Pd. dan didampingiolehKepalaUrusan Tata Usaha yang saatinidijabatolehCutRahman, untukkelancaran tugas kepalamadrasahdibantuolehWakilKepalaMadrasah, yaitu : BidangkurikulumdijabatolehJalinur, S.Ag, BidangkesiswaandijabatolehAbdurrazak, S.Pd.I, Bidangsarana dan prasaranadijabatolehDrs. H.Mulyasir, BidanghubunganmasyarakatdijabatolehHj. SitiAloha, S.Pd. dan Bidangkeagamaan (boardingschool) dijabatolehDrs.H. Mulyasir.

Guru pada Madrasah AliyahNegeri1 Aceh Barat berjumlah72 orang terdiridari44 orang Guru PNS dan28 orang Guru Non PNS yang telah lulus sertifikasisebanyak29 orang.

 

  1. KONDISI GURU

No

TingkatPendidikan

Status Guru

JenisKelamin

Jumlah

PNS

Non PNS

Lk

Pr

1

S – 2

3

1

1

3

4

2

S – 1

41

27

13

55

68

3

D – 3

-

-

-

-

-

Jumlah

44

28

14

58

72

 

  1. KONDISI PEGAWAI ADMINISTRATIF

No

TingkatPendidikan

Status Pegawai

JenisKelamin

Jumlah

PNS

Non PNS

Lk

Pr

1

S – 2

-

-

-

-

-

2

S – 1

1

4

2

3

5

3

D – 3

4

8

3

9

12

Jumlah

5

12

9

5

17

 

 

  1. DATA JUMLAH KELAS, ROMBONGAN BELAJAR DAN JUMLAH SISWA TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

 

No

Kelas

Jumlah

JumlahSiswa

Jumlah

Kelas

Rombel

Lk

Pr

1

Kelas X

1

11

100

260

360

2

Kelas XI

1

9

77

211

288

3

Kelas XII

1

7

80

117

197

Jumlah

3

27

257

588

845

 

  1. KONDISI SARANA

No

Ruang/Tempat/Lapangan

Jumlah

Kondisi

Rusak Berat

Rusak Ringan

Baik

1

Ruang Teori/Kelas

27

7

7

13

2

Ruang Perpustakaan

1

-

1

-

3

Laboratorium Komputer

1

-

1

-

4

Laboratorium Fisika

1

-

1

-

5

Laboratorium Biologi

1

-

1

-

6

Ruang Kepala Madrasah

1

-

-

1

7

Ruang Wakil Kepala Madrasah

1

-

-

1

8

Ruang Guru

1

-

-

1

9

Ruang Tata Usaha

1

-

-

1

10

Gudang

1

-

-

1

11

Ruang BK

-

-

-

-

12

Ruang UKS

1

-

1

-

13

Ruang OSIM

1

-

1

-

14

Mushalla

1

-

-

1

15

WC Kepala Madrasah

1

-

-

1

16

Ruang Aula

1

-

1

-

17

Rumah Dinas Kamad

1

 

1

 

18

Rumah Dinas Guru

3

 

3

 

19

Asrama Siswa

4

 

1

3

20

WC Guru/TU

2

-

-

2

21

WC Siswa

6

-

6

-

22

Kantin

1

-

1

-

23

Rumah Penjaga Madrasah

-

-

-

-

24

Pos Jaga

1

-

1

-

25

Lapangan Basket

1

-

-

1

26

Lapangan Bola Volly

1

-

-

1

27

Lapangan Badminton

1

-

-

1

28

Lapangan Sepakbola

-

-

-

-

29

Lapangan Tenis Meja

2

-

1

1

30

Lapangan Upacara

1

-

-

1

31

Tempat Parkir

-

-

-

 

32

Pagar Keliling

424

424

-

-

 

 

  1. KONDISI PRASANARA

No

Perlengkapan Kelas

Jumlah

Kondisi

Rusak Berat

Rusak Ringan

Baik

1

Kursi Siswa

930

-

226

704

2

Meja Siswa

930

-

226

704

3

Kursi Guru

70

-

25

45

4

Meja Guru

70

-

20

45

5

Papan White Board

27

-

6

21

6

Papan Tulis Hitam

-

-

-

-

7

Lemari

20

-

6

14

8

Alat Pengeras Suara

1

-

-

1

9

Buku Paket

1670

525

650

495

10

Buku Pegangan Guru

150

120

20

10

11

Buku Pustaka

2800

200

600

2000

12

Alat Kesenian

11

11

 

 

13

Alat Olahraga

16

-

4

12

14

Alat Peraga

24

-

 

24

15

Komputer

53

-

30

23

17

Jam Dinding

32

-

 

32

 

BAB II

STRUKTUR KURIKULUM DAN MUATAN LOKAL

 

  1. STRUKTUR KURIKULUM

Pada struktur kurikulum pendidikan dasar dan menengah berisi sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik. Mengingat perbedaan individu sudah barang tentu keluasan dan kedalamannya berpengaruh terhadap peserta didik pada setiap satuan pendidikan. Program Pendidikan terdiri dari pendidikan umum, pendidikan kejuruan dan pendidikan khusus. Pendidikan umum meliputi tingkat satuan pendidikan dasar (SD/MI), (SMP/MTs) dan satuan pendidikan menengah (SMA/MA), Pendidikan Kejuruan terdapat pada Sekolah Kejuruan (SMK). Pendidikan khusus meliputi sekolah Luar Biasa SDLB dan SMPLB dan terdiri atas delapan jenis kelainan berdasarkan ketunaan.

Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat jumlah jam pelajaran 51 jam setiap minggu, setiap jam pelajaran pertatap muka lamanya 45 menit, Jenis Program Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat dari Program umum meliputi sejumlah mata pelajaran yang wajib diikuti seluruh peserta didik, dan program pilihan berupa mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri, mata pelajaran yang wajib diikuti pada program umum berjumlah 20 mata pelajaran, sementara keberadaan mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri masing – masing berjumlah 1 mata pelajaran.

Pengaturan beban belajar menyesuaikan dengan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur kurikulum. Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Baratjuga mengadakan program remediasi bagi peserta didik yang belum mencapai standar ketuntasan belajar maksimal.

 

 

  1. MUATAN KURIKULUM

Muatan kurikulum Madrasah Aliyah Negeri Meulaboh – I Kabupaten Aceh Barat meliputi sejumlah mata pelajaran yang ditempuh dalam suatu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas X sampai dengan kelas XII, materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian dari muatan kurikulum.

  1. Mata Pelajaran

Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan landasan keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban melalui metode dan pendekatan tertentu.

 

  1. Struktur Kurikulum MA Peminatan MIPA, meliputi:

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu Perpekan

Kelompok A (Umum)

X

XI

XII

1

Pendidikan Agama Islam

 

 

 

 

a.     Al-Quran Hadits

2

2

2

 

b.     Akidah Akhlak

2

2

2

 

c.      Fikih

2

2

2

 

d.     Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

Bahasa Arab

4

2

2

5

Matematika

4

4

4

6

Sejarah Indonesia

2

2

2

7

Bahasa Ingris

2

2

2

Kelompok B (Umum)

 

 

 

1

Seni Budaya

2

2

2

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3

3

3

3

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

4

Muatan Lokal

 

 

 

Kelompok C (Peminatan)

 

 

 

1

Matematika

3

4

4

2

Biologi

3

4

4

3

Fisika

3

4

4

4

Kimia

3

4

4

Mata Pelajaran Pilihan

 

 

 

Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat dan/atau

Pendalaman Minat

6

4

4

Jumlah

51

51

51

 

  1. Struktur Kurikulum MA Peminatan IPS, meliputi:

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu Perpekan

Kelompok A (Umum)

X

XI

XII

1

Pendidikan Agama Islam

 

 

 

 

a.     Al-Quran Hadits

2

2

2

 

b.     Akidah Akhlak

2

2

2

 

c.      Fikih

2

2

2

 

d.     Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

Bahasa Arab

4

2

2

5

Matematika

4

4

4

6

Sejarah Indonesia

2

2

2

7

Bahasa Ingris

2

2

2

Kelompok B (Umum)

 

 

 

1

Seni Budaya

2

2

2

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3

3

3

3

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

4

Muatan Lokal

 

 

 

Kelompok C (Peminatan)

 

 

 

1

Geografi

3

4

4

2

Sejarah

3

4

4

3

Sosiologi

3

4

4

4

Ekonomi

3

4

4

Mata Pelajaran Pilihan

 

 

 

Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat dan/atau

Pendalaman Minat

6

4

4

Jumlah

51

51

51

 

  1. Struktur Kurikulum MA Peminatan Keagamaan, meliputi:

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu Perpekan

Kelompok A (Umum)

X

XI

XII

1

Pendidikan Agama Islam

 

 

 

 

a.     Al-Quran Hadits

2

2

2

 

b.     Akidah Akhlak

2

2

2

 

c.      Fikih

2

2

2

 

d.     Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

Bahasa Arab

4

2

2

5

Matematika

4

4

4

6

Sejarah Indonesia

2

2

2

7

Bahasa Ingris

2

2

2

Kelompok B (Umum)

 

 

 

1

Seni Budaya

2

2

2

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

3

3

3

3

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

4

Muatan Lokal

 

 

 

Kelompok C (Peminatan)

 

 

 

1

Ilmu Tafsir

2

3

3

2

Ilmu Hadits

2

3

3

3

Ushul Fikih

2

3

3

4

Ilmu Kalam

2

2

2

5

Akhlak

2

2

2

6

Bahasa Arab

2

3

3

Mata Pelajaran Pilihan

 

 

 

Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat dan/atau

Pendalaman Minat

6

4

4

Jumlah

51

51

51

 

  1. Struktur Kurikulum MANProgramKeagamaan (MAN-PK), meliputi:

Mata Pelajaran

Alokasi Waktu Perpekan

Kelompok A (Umum)

X

XI

XII

1

Pendidikan Agama Islam

 

 

 

 

a.     Al-Quran Hadits

4

4

4

 

b.     Akidah Akhlak

4

4

4

 

c.      Fikih

2

2

2

 

d.     Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

Bahasa Arab

4

2

2

5

Matematika

4

4

4

6

Sejarah Indonesia

2

2

2

7

Bahasa Ingris

3

3

3

Kelompok B (Umum)

 

 

 

1

Seni Budaya

2

2

2

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

3

Prakarya dan Kewirausahaan

2

2

2

4

Muatan Lokal

 

 

 

Kelompok C (Peminatan)

 

 

 

1

Ilmu Tafsir

2

2

2

2

Ilmu Hadits

2

3

3

3

Ushul Fikih

2

3

3

4

Bahasa Arab

2

3

3

Mata Pelajaran Pilihan

 

 

 

1.     Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat

6

4

4

2.     Pendalaman Minat Keagamaan

6

6

6

Jumlah

57

57

57

 

  1. Muatan lokal

Program Muatan Lokal merupakan Mata Pelajaran sehingga harus mengembangkan standar kompetensi dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakann, adapun muatan lokal yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat adalah : Tahfidz dan Keterampilan Tata Busana, mendapatkan semua mata pelajaran muatan lokal untuk menunjang siswa dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.

 

  1. Kegiatan Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai kebutuhan, bakat, minat setiap peserta didik. Kegiatan pengembangan diri yang sebagian besar didalam kelas (intrakurikuler) dengan alokasi waktu 1 jam tatap muka, yaitu Bimbingan Konseling (BK) mencakup hal-hal yang berkenaan dengan Syariat Islam, pribadi, kemasyarakatan, dan karier peserta didik, Bimbingan Konseling diasuh oleh guru BK atau guru yang ditugaskan.

Kegiatan pengembangan diri yang sebagian besar diluar kelas (ekstrakurikuler) diasuh oleh guru pembina, pelaksanaan setiap hari jum’at dan sabtu yaitu :

  • OSIM ( Organisasi Siswa Intra Madrasah )
  • Kepanduan
  • PMR ( Palang Merah Remaja )
  • Paskibraka
  • Marcin Band
  • Kelompok Ilmiah Remaja
  • Majalah Dinding
  • Qasidah
  • Paduan Suara
  • Tarian Daerah dan Nasional
  • Puisi dan Drama
  • Pidato tiga bahasa
  • Bola Volly
  • Bola Basket
  • Bulutangkis
  • Sepak Takraw
  • Englis Club

Program pembiasaan mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik yang dilakukan secara rutin, spontan dan keteladanan.

Rutin

Spontan

Keteladan

Upacara

Senam

Shalat berjamaah

 

Kunjungan Pustaka

Membiasakan antri

Memberi Salam

Mengutip dan membuang sampah pada tempatnya.

 

Musyawarah

Berpakaian Rapi

Memberi pujian

Tepat waktu

 

Hidup sederhana

 

 

  1. Pendidikan Kecakapan hidup
    1. Pendidikan kecakapan hidup yang merupakan bagian integral dari pembelajaran pada setiap pelajaran, dengan demikian materi kecakapan hidup akan diperoleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yang diemban oleh mata pelajaran yang bersangkutan.
    2. Kecakapan hidup yang berupa berbagai keterampilan yang khas diajarkan di MAN Meulaboh – I Kabupaten Aceh Barat.
    3. Kecakapan hidup yang diperoleh dari diklat pada setiap organisasi ekstrakurikuler.

 

 

  1. Beban Belajar

Madrasah menetapkan beban belajar peserta didik sebagai berikut :

  1. Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran tertera dalam struktur kurikulum.
  2. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur 30% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.

Analisis kalender akademik untuk 6 hari kerja ( senin s/d sabtu ) :

Beban belajar per-tahun :

  • Jumlah jam @60 menit : 969 – 1.111,5 jam
  • Waktu pembelajaran : 1292 – 1.482 jam pelajaran
  • Minggu efektif per – tahun : 34 – 38 minggu.

Jumlah Jam pelajaran per-minggu                   : 51 – 53 jam pelajaran (plus

                                                               QH, AA, FIQIH, SKI dan BA)

Satuan jam pelajaran per-tatap muka     : 45 menit

 

  1. Alokasi Waktu Tugas – Tugas
  2. Tugas terstruktur

Tugas terstruktur berupa laporan hasil pengerjaan tugas yang diminta pendidik kepada peserta didik dan secara spesifik persoalannya dibuatkan oleh pendidik dan waktunya diluar jam pelajaran atau tatap muka.

  1. Tugas Mandiri

Tugas mandiri berupa laporan hasil pengerjaan tugas yang diminta pendidik kepada peserta didik dan lebih dominan melibatkan perserta didik untuk mencari persoalan sekaligus jawabannya yang masih berkenan dengan materi pelajaran dan waktunya diluar jam pelajaran.

  1. Tugas Praktek

Tugas praktek berupa laporan hasil pengerjaan tugas yang diminta pendidik kepada peserta didik dan merupakan proses aplikasi dan pengembangan potensi psikomotorik dari siswa, sehingga suatu konsep dipahami secara aplikatif dan waktunya didalam dan diluar jam pelajara.

 

  1. Ketuntasan Belajar

Ketuntasan setiap indikator yang dikembangkan oleh suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagai Target Pencapaian Kompetensi (TPK) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata – rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran sekolah secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntatasan belajar untuk memcapai kriteria ketuntasan ideal.

Berikut ini tabel Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang menjadi Target Pencapaian Kompetensi (TPK) yang berlaku :

Komponen

Nilai KKM

X

XI

XII

1

2

1

2

1

2

  1. Mata Pelajaran

1.    Pendidikan Agama

a.    Al-Qur’an Hadist

b.    Aqidah Akhlak

c.    Fiqih

d.    SKI

2.    Bahasa Arab

3.    Pendidikan Kewarganegaraan

4.    Bahasa Indonesia

5.    Bahasa Inggris

6.    Matematika

7.    Fisika

8.    Biologi

9.    Kimia

10. Sejarah

11. Geografi

12. Ekonomi

13. Sosiologi

14. Ilmu Tafsir

15. Ilmu Hadits

16. Ushul Fikih

17. Ilmu Kalam

18. Seni Budaya

19. Penjaskes

20. T I K

21. Keterampilan/Bahasa Asing

 

 

75

76

75

75

75

78

78

77

76

75

78

77

80

78

77

78

75

75

75

75

80

75

78

-

 

 

75

76

75

75

75

78

78

77

76

75

78

77

80

78

77

78

75

75

75

75

80

75

78

-

 

 

78

80

78

78

78

80

80

80

78

80

81

80

80

80

80

81

78

78

78

78

80

80

80

-

 

 

78

80

78

78

78

80

80

80

78

80

81

80

80

80

80

81

78

78

78

78

80

80

80

-

 

 

82

82

81

80

80

82

83

82

80

82

83

82

80

83

83

83

80

80

80

80

82

80

82

-

 

 

82

82

81

82

82

83

84

82

82

82

83

82

83

83

83

83

80

80

80

80

82

84

82

-

  1. Muatan Lokal

-

 

-

-

-

-

B.   Pengembangan Diri

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Evaluasi

Evaluasi kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap tahun pelajaran, kriteria kenaikan kelas di MAN 1 Aceh Barat berlaku setelah siswa memenuhi persyaratan berikut, yaitu :

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  2. Memperoleh nilai minimal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia untuk kelas X, mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi untuk kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi untuk kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial.
  3. Kehadiran dikelas mencapai minimal 90%
  4. Siswa mengulang dikelas yang sama bila tidak menuntaskan SKBMmaksimum 3 (tiga) mata pelajaran untuk Naik ke Kelas XI, 4 (empat) mata pelajaran untuk naik ke kelas XII.

 

Dengan mengacu kepada ketentuan PP. No. 19 Tahun 2005 Pasal 72 ayat 1 peserta didik dinyatakan lulus dari MAN – 1 Meulaboh Kabupaten Aceh Baratsetelah memenuhi persyaratan berikut yaitu :

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Memiliki Raport Kelas X, XI dan XII
  3. Lulus Ujian Madrasah.
  4. Lulus Ujian Nasional.
  5. Kehadiran dikelas mencapai minimal 90%
  6. Tidak terlibat narkoba.